Proposal Warnet D’NET

Posted: Desember 6, 2010 in Uncategorized

I. PENDAHULUAN

Perkembangan komputer dan teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan menjadi perhatian dunia, alasan ini disamapaikan karena fungsi komputer dan teknologi informasi sangat besar bagi kepentingan manusia di era globalisasi. Dengan adanya fasilitas teknologi modern saat ini, perusahaan membutuhkan suatu informasi, misalnya kecepatan akse data transaksi, efisien waktu, kemudahan dalam menyimpan data, kegiatan produksi.

Seiring dengan perkembangan jaman teknologi informasi tidak hanya diperuntukan bagi para pemakai saja namun bagaimana informasi tersebut dapat dinimati oleh semua orang. Dengan diciptakannya pemrograman berbasis WEB yang dalam bentuk grafis yang dipublikasikan di seluruh penjuru dunia, sehingga dalam proses transaksi, semua orang yang berkepentingan dapat melihat informasi yang dihasilkan melalui gambar yang interaktif dan disertai dengan kelengkapan data dan fasilitas yang ada pada situs web tersebut. Dalam mengakses situs web tersebut yang dipublikasikan, diperlukan mediator yaitu internet sebagai aplikasi agar situs web tersebut dapat dinikmati semua orang. Agar dapat melihat informasi yang dipublikasikan melalui internet maka para pengguna khususnya di Indonesia memerlukan jalur komunikasi yang bisa menghubungkan antara satu pengguna dengan pengguna yang lain, yaitu dengan jalur komunikasi telepon. Dari jalur komunikasi telepon di buatlah jaringan yang terdapat server sebagai pengontrol antara pengguna satu dengan server dan begitu juga sebaliknya. Dengan adanya perkembangan internet yang semakin pesat, menuntut pihak penyedia jalur layanan mengembangkan sayap bisnis yang tadinya pemakai antar rumah, sekarang di bentuk sebuah jasa pemakai internet secara bersama – sama dalam satu lingkungan atau gedung, melalui warung warnet.

Seperti halnya D’NET adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa persewaaan tempat dan perangkat keras untuk komunikasi melalui internet bagi para pemakai warnet, printing, burrning, scanning softoring dll, namun yang menjadi target pemasukan yang telah ditetapkan, maka diperlukan pengelolaan keuangan warung internet melalui pemantauan pada masing2 client berdasarkan waktu pemakaian. Dalam memenuhi tujuan pengelolaan keuangan warnet tersebut, di butuhkan suatu sarana dan prasarana yaitu sebagai jembatan antara pemakai dan pihak pengelola pada masing – masing client, sehingga pemakai unit komputer berdasarkan waktu sesuai dengan biaya yang di peroleh.

II. LATAR BELAKANG

Di jaman yang serba digital ini masyarakat sangat membutuhkan internet sebagai media informasi , download, game dll. Dengan adanya warnet sebagai penyedia acces internet semua orang bisa dengan mudah menggunakanya, alasan kami memilih warnet “D’ NET” yang bertempat di JL. Jati Raya Utama II No. 8 C Semarang adalah karena tempatnya strategis dekat SMA 9 yang dimana mereka sangat membutuhkan acces internet untuk mencari tugas sekolah atau hanya ingin browsing di dunia maya, warnet tersebut juga dekat dengan perumahan penduduk dan masjid.

Mengapa kami memilih D’NET salah satunya juga dikarenakan mengenal baik karyawanya. Pemilik warnet tersebut bernama Pak Dedi beliau sangat baik karena telah mengijinkan kami survey di tempat tersebut untuk menyelesaikan tugas jaringan komputer ini. D’NET memiliki 11 komputer dan 1 server, semua kegiatan serching dan browsing di pantau dari server. Selain itu warnet tersebut juga menyediakan snack dan minuman dengan harga terjangkau agar pengguna tidak jenuh.

III. DASAR TEORI

  • Jaringan Komputer : Sebuah jaringan komputer memungkinkan seorang user berkomunikasi dengan user lain dalam jaringan yang sama dengan mengirimkan data melalui media yang menghubungkan keduanya. Sebuah jaringan komputer terdiri dari 2 atau lebih perangkat (seperti workstation, printer, atau server) yang terhubung bersama dengan tujuan untuk berbagi pakai informasi, resource, atau keduanya.
    • Tujuan dari jaringan computer
      1. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
      2. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messagingchatting, Akses informasi: contohnya web browsing
      3. Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service).
      4. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server).
      5. Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
  • Internet : adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan jaringan  untuk dapat berkomunikasi melalui “web”. Internet menekan waktu, biaya dan meniadakan jarak untuk berkomunikasi dan tukar menukar informasi di seluruh dunia.
  • WAN (Wide Area Network) : jaringan yang mencakup antar kota, antar provinsi, antar negar,  bahkan antar benua.
  • Topologi Jaringan : Topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan computer. Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas dua ataupun lebih komputer dalam suatu area yang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi seperti misalnya sistem telpon ataupun pemancar gelombang-mikro.
  • Topologi STAR (Jaringan Bintang) : Dalam konfigurasi bintang, beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat komputer
    • Keuntungan Topologi Star
      1. Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung.
      2. Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star.
      3. Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
    • KerugianTopologi Star
      1. Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
      2. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.
      3. Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub.
      4. Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat
  • Perangkat Keras Jaringan Lokal: Untuk membangun jaringan lokal sehingga dapat terhubung dengan internet perlu dipersiapkan perangkat keras yang mendukungnya. Perangkat keras jaringan lokal disebut sebagai antarmuka saluran komunikasi. Dalam jaringan lokal, perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  • Network Interface Card ( Kartu jaringan atau Lan card) : dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan  computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.
  • Hub dan Switch : Antar hub juga dapat saling berhubungan, ini disebut sebagai chaining melalui port uplink. Dengan adanya ini maka dapat meningkatkan kinerja jaringan yaitu dapat mengisolasi suatu komputer dari komputer lain. Hub akan mengirim paket ke semua komputer yang dihubungkan ke hub tersebut tetapi switch hanya akan melewatkan paket ke alamat yang dituju. Karena switch mempunyai kemampuan mendeteksi alamat komputer yang akan dituju. Jelas disini switch lebih aman dan lebih cepat. Switch pada saat yang sama dapat menangani lebih dari satu koneksi. Tentu saja dengan kemampuan lebih seperti ini harga switch lebih mahal dari pada harga hub.
  • Router : perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3,Network Layer.Pada layer ini sudah di kenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address,dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.Semisal,di suatu warnet ada 10 client yang menggunakan IP address 192.168.1.xx kita anggap sebagai network A , sedang koneksi dari ISP di alokasikan IP Address 202.123.321.xxx kita anggap sebagai jaringan B , maka agar client warnet bisa terhubung ke ISP dan juga ke internet , di perlukan satu router di warnet tersebut yang memiliki setidaknya 2 port.Satu port menjadi bagian dari network A , dan satunya lagi menjadi bagian dari network B.

  • Konektor UTP RJ-45 : Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP. Namun jika belum bisa memasangnya, Anda dapat meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP.
  • HARDWARE : Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar komputer yang terdiri dari Input, Process,Output dan Storage.

    • Input device terdiri dari keyboard dan mouse.
    • Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section),
    • Output device terdiri dari monitor dan printer.
    • Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
  • Unit Masukan ( Input Device ): Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

    1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
    2. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
  • Keyboard : merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :

1.) Qwerty

2.) Dvorak

3.) Klockenberg

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1. Typewriter key

2. Numeric key

3. Function key

4. Special function key.

  • Mouse  salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click).Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
  • Scanner : sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
  • monitor : Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari sebuah perangkat komputer. Sebagai media output monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer lainnya. Semuanya merupakan unit-unit penting dalam sebuah sistem komputer yangbila salah satunya tiada maka sistem tidak akan bisa bekerja. Monitor komputer juga dijelaskan sebagai Perangkat output yang menampilkan aksara dan/atau imej, baik diam atau bergerak, yang diproses/diperintahkan dari CPU melalui media input.
  • motherboard : Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
  • Printer : salah satu Hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.
  • Software : Secara tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan software. Apakah sebenarnya software itu?

Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.

Beberapa jenis software penting yang harus ada untuk komputer yang baru atau baru install ulang. Mengapa Software ini penting, karena menurut saya ini adalah software pokok bagi pengguna komputer. Rata-rata hampir 90% orang akan menggunakan software ini jika di depan komputer jadi tentu sangat penting dan harus ada.

a.        Software Aplikasi Office

·      Word Processing (Ms.Words,Open Office Writer,Wordstar)

·      Spreadsheet (Ms.Excel,Lotus,Quatro)

·      Database (Ms.Access)

·      Desktop Publishing (coreldraw,pagemaker,photoshop)

b.       Antivirus : sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.

·      Antivirus luar : Avira, AVG, Avast 5.

·      Antivirus lokal: Smadav : sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.,PCMAV

c.        PDF Reader

·      Adobe Reader

·      Foxit Reader

d.       Music dan Video Player

·      Video : Klite Codec, VLC Player

·      Winamp, Jetaudio

e.        Browser Internet

·      Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome

f.         Softaware Maintenance Komputer

·      CC Cleaner, Advance System Care, Tune Up Utilities

g.       Archiving Program

·      Winrar, Winzip, 7Zip

h.        Firewall

·      ZoneAlarm Free, Comodo Internet Security

i.         Downloader

·      Orbit Downloader, Internet Download Manager

j.         Instan Mesengers

·      Yahoo messanger, G-Talk, Skype

k.       Operating System

·      PC DOS,Microsoft Windows,dan Linux)

l. Bahasa Pemrograman

·      assembly,pascal,C,C++,Java

  • Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer, yang mana memory ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

MEMORI INTERNAL

Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih tinci, fungsi dari memori utama adalah :

Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses

    • Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran
    • Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder

Memori biasa dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut Cache Memory.

Rom

ROM adalah kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan. Umumnya proses yang terkandung dalam BIOS secara berurutan adalah sebagai berikut:

Memeriksa isi CMOS.

CMOS (Compmentary Meta-Oxyde Semiconductor) adalah jenis cip yang memerlukan daya listrik dari baterai. Cip ini berisi memori 64-byte yang isinya dapat diganti. Pada CMOS inilah berbagai pengaturan dasar komputer dilakukan, misalnya peranti yang digunakan untuk memuat sistem operasi dan termasuk pula tanggal dan jam sistem.

Memuat penanganan interupsi (interupt handlers) dan pengendali peranti (device driver).

Penanganan interupsi adalah program kecil yang menjadi penerjemah antara perangkat keras dan sistem operasi. Sebagai contoh , jika pemakai menekan tombol keyboard maka isyarat ini dikirimkan melalui penaganan interupsi keyboard.

Pengendali peranti adalah program yang bertindak sebagai pemberi identitas bagi perangkat keras tertentu (misalnya scanner) sehingga bisa dikenali oleh sistem operasi.

Menginisialisasi register dan manajemen daya listrik

Melakukan pengujian perangkat keras (POST atau the power-on self-test) untuk memastikan bahwa semua perangkat keras dalam keadaan baik

Menampilkan pengaturan-pengaturan pada sistem

Menentukan peranti yang akan digunakan untuk menjalankan program (ex. : hard disk)

Mengambil isi boot sector. Boot sector juga merupakan sebuah program kecil. Oleh BIOS program ini dimuat ke RAM dan kemudian mikroprosesor akan mengeksekusi perintah-erintah yang sudah berada dalam RAM tersebut.

RAM

RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer sihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan. Karena alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random artinya data yang disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. RAM dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu jenis statik dan jenis dinamik. RAM statik menyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. Jenis RAM ini asyncronous dan tidak memerlukan sinyal clock. RAM statik biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar. RAM dinamik menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik menggunakan kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. Untuk menjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh, data tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebut kememori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengan kapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).

Cache memory

Memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan memory utama. Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory ini akan meningkatkan kinerja sistem.

Cache memory adalah tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya. Seperti halnya RAM, lebih banyak cache memory adalah lebih baik, akan tetapi biasanya cache pada CPU dan hard drive tidak dapat diupgrade menjadi lebih banyak. Contoh yang dapat dilihat misalnya adalah pada CPU Pentium II terdapat 512 KiloByte cache, dan pada hard drive IBM 9LZX SCSI terdapat 4 MegaBytes cache. Seperti halnya RAM, pada umumnya data akan dilewatkan dulu pada cache memory sebelum menuju komponen yang akan menggunakannya (misalnya CPU). Selain itu cache memory menyimpan pula sementara data untuk akses cepat. Kecepatan cache memory juga menjadi unsur yang penting. Sebagai contoh, CPU Pentium II memilki cache sebesar 12 k, dan CPU Celeron memiliki cache sebesar 128 k, akan tetapi cache pada Pentium II berjalan pada 1/2 kali kecepatan CPU, sementara cache pada Celeron berjalan dengan kecepatan sama dengan kecepatan CPU. Hal ini merupakan tradeoff yang membuat kecepatan Celeron dalam hal-hal tertentu kadang-kadang malah bisa mengalahkan Pentium II.

MEMORI EKSTERNAL

Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh: Hardisk, Floppy Disk

Konsep dasar memori eksternal adalah :

Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

  • Prossesor : sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

    • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
    • Control Unit (CU)
    • Memory Unit (MU)
  • IP KELAS
  1. Kelas A

Jika bit pertama dari IP address adalah 0, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas A seperti berikut :

0 – 127 0 – 255 0 – 255 0 -255
0XXXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX

IP address kelas A biasanya digunakan untuk IP backbond.

  1. Kelas B

Jika 2 bit pertama dari IP address adalah 10, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas B sebagai berikut :

128 – 191 0 – 255 0 – 255 0 -255
10XXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX

IP address kelas B biasanya digunakan untuk IP publik dan ISP.

  1. Kelas C

Jika 3 bit pertama dari IP address adalah 110, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas B sebagai berikut :

192– 223 0 – 255 0 – 255 0 -255
10XXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX

IP address kelas C biasanya digunakan untuk Internet, IP kelas ini yang biasanya kita pakai.

  1. Kelas D

Jika 4 bit pertama dari IP address adalah 1110, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas B sebagai berikut :

224– 239 0 – 255 0 – 255 0 -255
1110XXXX XXXXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX

IP address kelas D biasanya digunakan untuk Broadcast (Tv, Radio)

  1. Kelas E

Jika 4 bit pertama dari IP address adalah 1111, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas B sebagai berikut :

240– 255 0 – 255 0 – 255 0 -255
1111XXX XXXXXXXX XXXXXXXX XXXXXXXX

Sedangkan IP address kelas E dicadangkan untuk kegiatan ekperimental.

Kelas A : 11111111.00000000.00000000.00000000 = 255.0.0.0

Kelas B : 11111111.11111111.00000000.00000000 = 255.255.0.0

Kelas C : 11111111.11111111.11111111.00000000 = 255.255.255.0

 

IV. IMPLEMENTASI

Hardware

  • Client
    • Power Supply Speed Power 500W Rp. 465.000
    • Mouse & Keyboard Sturdy Rp. 50.000
    • Monitor LCD Advance 19” Rp. 1150.000
    • Stabilizer Matsunaga Star Rp. 150.000
    • Motherboard Extreme Rp.325.000
    • Memory Kingstone 512Mb Rp. 268.000
    • Processor Intel Pentium 4 Rp. 384.000
    • Harddisk Seagate 80Gb Rp.300.000
  • Server
    • UPS phoenix Rp. 450.000
    • Mouse & Keyboard Sturdy Rp. 50.000
    • Monitor LCD Advance 19” Rp. 1150.000
    • Stabilizer Matsunaga Star Rp. 150.000
    • Motherboard Extreme Rp.325.000
    • Memory Kingstone 1Gb Rp. 230.000
    • Processor Intel Dual Core Rp. 580.000
    • Harddisk Seagate 160Gb Rp.370.000
    • VGA card 256Mb Rp. 250.000

Software

  • Client
    • Windows Xp service pack 2 Original
    • Yahoo Messanger
    • Mozilla Farefox
    • Client 008
    • Opera
    • Avira free edition
  • Server
    • Windows Xp service pack 2 Original
    • Yahoo Messanger
    • Mozilla Farefox
    • Client 008
    • Opera
    • Avira free edition

Aksessoris / Pelengkap

  • HUB : D-Link DGS-1008D Rp. 190.000
  • Kabel UTP Cable CAT 5e Prolink, Cable Length : 305 meter, Nom. Diameter 0.265” Avg. (0.225” x 0.310”) Rp. 690.000Keseluruhan kabel UTP yg digunakan pada warnet panjang 124 meter
  • Speaker Simbadda CST 9000N Rp. 520.000
  • Headphone Rp. 60.000
  • HP Deskjet F2235 Print+Scan+Copy Rp. 710.000
  • Rj 45 (Registered Jack) 100 unit konektor Rp. 75.000 Keseluruhan Rj 45 yg digunakan pada warnet sebanyak 24 buah

V. DAFTAR PUSTAKA

  1. http://www.klitik.com/harga/komputer/network/switch-hub/
  2. Kuliah 1 jarkom
  3. ITB Hendrawan hend@telecom.ee.itb.ac.id
  4. Electronic Engineering Polytechnic Institut of Surabaya – ITS
  5. Pertemuan ke-2 Ekohadi
  6. http://aliciakomputer.blogspot.com
  7. www.google.com
  8. http://bayuraxery.wordpress.com
  9. http://lucyaman.blogspot.com/
  10. http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
  11. http://fadel05.tripod.com/network/jaringan.html

 

VI. LAMPIRAN

  • Warnet



Gambar : Baground depan warnet

Gambar : Dalam Warnet

  • Makanan kecil

Gambar : Makanan Ringan 1

 

Gambar : Makanan Ringan 2

  • Hardware

Gambar : Monitor

Gambar : CPU

Gambar : Print + Scan + Copy

Gambar : HUB

Foto Anggota kelompok

Gambar : Anggota

Topologi

Gambar : Topologi Star

Denah Warnet

Gambar : Denah

 

Saya juga menyediakan link download buat anda

silahkan klik link di bawah ini :

DOWNLOAD PROPOSAL

Iklan
Komentar
  1. a12650603059 berkata:

    semoga dapat nilai bagus…amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s